0 Shares

Cirebon (07/02) – SMK Telkom Sekar Kemuning kali ini mengunjungi salah satu keraton di Kota Cirebon yaitu Keraton Kasepuhan. Keraton Kasepuhan adalah keraton termegah dan paling terawat di Cirebon. Makna di setiap sudut arsitektur keraton ini pun terkenal paling bersejarah. Halaman depan keraton ini dikelilingi tembok bata merah dan terdapat pendopo di dalamnya. Keraton Kasepuhan adalah kerajaan islam tempat para pendiri cirebon bertahta, disinilah pusat pemerintahan Kasultanan Cirebon berdiri.
Keraton ini memiliki museum yang cukup lengkap dan berisi benda pusaka dan lukisan koleksi kerajaan. Salah satu koleksi yaitu kereta Singa Barong yang merupakan kereta kencana Sunan Gunung Jati. Kereta tersebut saat ini tidak lagi dipergunakan dan hanya dikeluarkan pada tiap 1 Syawal untuk dimandikan.
Bagian dalam keraton ini terdiri dari bangunan utama yang berwarna putih. Di dalamnya terdapat ruang tamu, ruang tidur dan singgasana raja.Keraton Kasepuhan berisi dua kompleks bangunan bersejarah yaitu Dalem Agung Pakungwati yang didirikan pada tahun oleh Pangeran Cakrabuana dan kompleks keraton Pakungwati (sekarang disebut keraton Kasepuhan) yang didirikan oleh Pangeran Mas Zainul Arifin pada tahun 1529 M. Pangeran Cakrabuana bersemayam di Dalem Agung Pakungwati, Cirebon. Keraton Kasepuhan dulunya bernama ‘Keraton Pakungwati. Sebutan Pakungwati berasal dari nama Ratu Dewi Pakungwati binti Pangeran Cakrabuana yang menikah dengan Sunan Gunung Jati. Ia wafat pada tahun 1549 dalam Mesjid Agung Sang Cipta Rasa dalam usia yang sangat tua. Nama dia diabadikan dan dimuliakan oleh nasab Sunan Gunung Jati sebagai nama Keraton yaitu Keraton Pakungwati yang sekarang bernama Keraton Kasepuhan.
Kegiatan Outing Class ini merupakan bagian dari mata pelajaran Sejarah dimana siswa-siswi kami diajak untuk mengenal sejarah budaya di Kota Cirebon, salah satunya mengunjungi Keraton Kasepuhan. Selain Keraton Kasepuhan, masih banyak lagi tempat-tempat bersejarah baik gedung, keraton, masjid, kuliner, dll. Ada Masjid Agung Sang CIpta Rasa, Masjid  Merah Panjunan, Masjid AT-Taqwa, Masjid Jagabayan, Keraton Kanoman, Keraton Kacirebonan, dll. Sehingga siswa-siswi SMK Telkom Sekar Kemuning Cirebon, baik yang berasal dari Cirebon maupun Luar KOta Cirebon dapat mengetahui dan memahami sejarah dan budaya Kota Cirebon.
Selain Outing Class ini, siswa-siswi kami juga diperkenalkan kepada kunjungan Industri, Prakerin dan Study WIsata agar tidak mengalami rasa bosan belajar di kelas dan memiliki informasi yang langsung dari narasumbernya, sehingga tidak memperoleh informasi yang tidak jelas terkait sejarah dan budaya Kota Cirebon maupun yang lainnya. Selain melhat-lihat dan memperoleh informasi, siswa-siswi kami diberikan tugas untuk membuat video dokumenter tentang kunjungan ke Keraton Kasepuhan ini untuk siswa-siswi kelas Multimedia sedangkan tugas membuat Laporan Kunjungan diberikan kepada siswa-siswi Teknik Jaringan Akses. Diharapkan dengan tugas tersebut, semakin memperbanyak ilmu pengetahuan tentang sejarah Keraton Kasepuhan.

sumber : Keraton Kasepuhan

Info Pendaftaran Tahun Ajaran 2020/2021 :
Elis Suswati
081322780749

(bbh)

Open chat
Hallo, Hubungi kami melalui whatsapp